WELCOME

Tentang Masalah Opera Mini 4.2

Jumat, 05 Juni 2009



Batasan Umur : Remaja, Dewasa
Kategori : IT, Software, Web, Tips

Semua orang tahu apa itu “Opera Mini 4.2”. Opera Mini adalah sejenis web browser untuk device telepon gengam. Nah, sebagai web browser yang memiliki berbagai keunikan dan kemudahan dalam menyajikan website bagi si pengguna Opera Mini juga memiliki beberapa

kekurangan yang terkadang menggangu sang pengguna. Tapi tunggu, permasalan yang ada di software khususnya web browser “Opera Mini” ini sebenarnya bila diteliti ada campur tangan dari sang pengguna dan operator telepon seluler (HP). Kita ambil contoh misalnya : kendala DC (disconnected) atau keluar secara tiba – tiba ketika kita hendak mengetikkan teks baik di e-mail. Di blogger, atau facebook. Kendala ini lebih disebabkan oleh perbuatan sang pengguna yang terlalu cepat mengetik sedangkan proses loading halaman web belum selesai. Maka dari itu disarankan bagi yang memiliki kecepatan mengetik teks karena SMS sebaiknya harap perlahan. Agar tidak merusak program software.
Dibawah ini adalah beberapa permasalahan yang mungkin terjadi di program “opera mini” kepunyaan pembaca. Dan dilengkapi dengan tips mudah – mudahan dapat membantu.



1. DC (keluar program tiba – tiba)
Pembaca pernah mengalami keluar secara tiba – tiba ketika sedang mengetik wall untuk facebook misalnya? Atau ketika menyisipkan symbol khusus di suatu teks?.

Coba pembaca lihat ulang proses loading membuka web sudah selesai belum? Atau coba cek kecepatan ketik pembaca?. Nah. Permasalahannya ketika pemuatan isi suatu halaman web Opera Mini membutuhkan waktu dan up date secara kilat. Setelah itu anda tiban dengan memasukkan kata dalam teks yang membuat Opera Mini bingung. maka dari itu aplikasi ini langsung keluar tanpa alasan yang jelas dan membutuhkan waktu yang lama untuk membuka kembali.
Solusinya : tunggu proses loading nya selesai. Hingga selesai barulah ketikan teks yang anda mau. Tapi ingat juga untuk mengetikkan secara perlahan dan jangan membuat si Opera Mini ini bingung.

2. Lo La (loading Lama)
Permasalahan klasik yang sulit dipecahkan. Loading yang terlalu lama membuat pengguna kehabisan waktu. Masalah ini lebih disebabkan oleh sang Operator yang digunakan. Ada salah satu operator yang saya coba berkecepatan tinggi namun mahal, ada juga yang murah namun ada beberapa waktu lamban.
Solusinya : pilihlah operator yang memang anda butuhkan untuk akses internet cepat namun murah. Dan tunggu waktu – waktu paling baik membuka internet. Missal pkl 07:00- 10 :00, 15 : 00 – 16 : 00. Dan jangan membuka web pada malam hari kecuali anda menggunakan salah satu operator tersebut.

3. Hang saat membuka folder khusus halaman.
Misalkan anda punya 2 folder khusus penyimpanan halam Opera Mini berformat .obml dan anda ingin menukar folder penyimpanan dan ketika izin mengakses data ke device Opera Mini anda mengalami hang saat pemilihan data tersebut.
Solusinya : sebaiknya bila terjadi hal itu dalam jangka panjang yang lama segeralah restart HP anda. Memang ini sering terjadi bila Opera Mini dalam keadaan berat mengakses data,

4. Penginstallan ulang.
Ini memang sering terjadi secara normal beberapa bulan sekali (untuk up date dari Software sendiri) tapi ada kala nya ketika kita tidak sabar menunggu loading membuka aplikasi kita tekan “keluar paksa” tombol telepon merah. Itu dapat membuat semua data Opera hilang. Maka
Solusinya : sabar menunggu aplikasi membuka terlebih dahulu. Kemudian keluarkan aplikasi ini secara perlahan dengan mengklik keluar. Bukan dengan cara menekan tombol merah atau keluar paksa.

5. Gambar tidak ada
Saat membuat web page. Prses loading juga dipengaruhi oleh pemuatan gambar. Missal dalam suatu blog bisa memuat 145 Kb. Tapi bila sudah di bubuhi gambar presentase dapat naik. (230 Kb). Tapi aneh, gambar tidak terlihat meski sudah jelas terdapat gambar di halaman page yang kita buka
Solusinya : klik menu, tekan kanan atau pilih Alat, lalu pilih pengaturan lalu pilih muat gambar lalu simpan.

6. Pengaturan bagi pemula
Selamat datang di Opera Mini. Ketika anda selesai menginstalasi, anda diminta memilih setingan GpRs operator anda. Lalu skin bawaan anda merah. Itu semua belum sempurna. Silahkan anda pergi ke pengaturan.



7. Nah, ketika anda mau mengganti warna skema pada Opera Mini silahkan anda ubah penampilan lalu pilih ubah kulit.


1. Pengaturan Opera Mini
-ini yang sering di search dan di cari oleh para pengguna Opera Mini 4.2, sebenarnya pengaturan yang tersedia hanyalah dari segi Tampilan dan seting HTTP/Socket. tapi untuk masalah Koneksi sudah tersetting dari Hp masing - masing dan juga tergantung dari Operatornya (GPRS).
Test : N70.
Operator : Indosat dan Telkomsel.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar